Email: fk@trisakti.ac.id
Phone: (021) 566-3232
Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia

Library

button-twitter.png button-facebook.png

Library

  • Lokasi dan Jam Operasional
Terletak di Kampus B Universitas Trisakti, Jl. Kyai Tapa No.260,Grogol,   Jakarta Barat,11440,Gedung Ki Hajar Dewantara, Lantai 1 dengan luas 297 m2.
  1. Kontak
Telepon              : (021) 5672731, 5655786 ext 2105, 2502
E-mail                : library.fk@trisakti.ac.id
Twitter                : @lib_fkusakti
  1. Jam Operasional :
Senin – Kamis    : Jam 08.00 – 17.00 WIB
Jum’at                : Jam 08.00 – 11.00 dan 13.00 – 17.00 WIB
  • Keanggotaan
    1. Sivitas Akademika Usakti:
      • Seluruh mahasiswa, staf pengajar tetap, tenaga kependidikan tetap Usakti dapat menjadi anggota Perpustakaan FK Usakti
      • Untuk mahasiswa baru telah mengikuti Program Pengenalan Perpustakaan pada saat PPSMB
      • Pengaktifan keanggotaan Perpustakaan FK Usakti dengan memperlihatkan Kartu Mahasiswa (KTM), KTP asli dan mengisi biodata dan menyerahkan pas foto ukuran 3x4 cm sebanyak 1 lembar
    2. Alumi/Umum
      • Alumni/umum tidak dapat menjadi anggota Perpustakaan FK Usakti
      • Mengisi formulir permohonan kunjungan yang disediakan di bagian Pelayanan Perpustakaan FK Usakti
      • Dikenakan biaya administrasi setiap kali kunjungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perpustakaan yang berada di lingkungan Usakti
 
  • Koleksi Perpustakaan
    1. Koleksi Buku Teks
Koleksi buku teks ini sebagian besar di bidang kesehatan dan kedokteran. Selain itu juga tersedia dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan seperti; karya umum (metode penelitian, ilmu perpusdokinfo), filsafat/psikologi/logika/etika, agama, ilmu sosial, sains, ilmu terapan (kesehatan, kedokteran) dan sejarah. Koleksi ini dapat dipinjam untuk dibawa pulang oleh pemustaka dengan syarat telah memiliki kartu anggota perpustakaan yang berlaku.
  1. Koleksi Buku Referensi
Koleksi buku referensi sebagai bahan rujukan terdiri atas Kamus, Ensiklopedia, Direktori, Bibliografi, Abstrak, Buku Peraturan Pemerintah (PP), Undang-Undang (UU). Koleksi buku referensi dengan label merah tidak dapat dipinjamkan untuk dibawa pulang, hanya dapat dibaca ditempat, tetapi dapat dipinjam untuk dikopi atas izin petugas.
  1. Koleksi Terbitan Berseri/Berkala
Koleksi terbitan berseri/berkala meliputi jurnal dalam dan luar negeri serta majalah ilmiah. Koleksi ini tidak dapat dipinjamkan hanya dapat dibaca ditempat, tetapi dapat dipinjam untuk dikopi atas izin petugas.
  1. Koleksi Usakti-ana
Koleksi Usakti-ana ini mencakup hasil karya ilmiah sivitas akademika Usakti pada umumnya dan FK pada khususnya. Meliputi skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, pidato ilmiah, dan buku yang ditulis dosen. Koleksi ini tidak dapat dipinjamkan hanya dapat dibaca ditempat.
  1. Koleksi AV (Audio Visual)
Koleksi ini mencakup CD Supplement, CD ROM jurnal dan kaset yang dapat digunakan oleh pemustaka di perpustakaan sebagai informasi rujukan.
 
  • Jenis Layanan Perpustakaan
  1. Layanan Rujukan
Membantu pengguna dalam hal penelusuran informasi, paket informasi, khususnya bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir atau sedang melakukan penelitian. Permintaan informasi dapat disampaikan secara langsung atau melalui e-mail : library.fk@trisakti.ac.id | Twitter @lib_fkusakti
  1. Layanan Sirkulasi
Melayani registrasi keanggotaan, peminjaman dan pengembalian buku, perpanjangan masa pinjam, serta pengeluaran Surat Bebas Pinjaman. Untuk mahasiswa yang akan wisuda dan atau  disumpah menjadi dokter wajib meminta “Surat Bebas Pinjaman” dari perpustakaan. Formulir “Surat Bebas Pinjam” disediakan oleh perpustakaan Fakultas kemudian disahkan dan diberi nomor oleh Perpustakaan Universitas
  1. Layanan Online Database (Proquest,  Ebrary, Gale Cengage)
Selain jurnal tercetak & CD ROM, sivitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti juga dapat memanfaatkan layanan jurnal online yang dilanggan perpustakaan, yaitu database Proquest dan Ebrary (ebooks). Database ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan username dan password yang dapat diminta kepada petugas perpustakaan.
  1. Fotokopi
Selain skripsi, tesis dan disertasi semua koleksi tercetak di perpustakaan dapat difotokopi dengan syarat menitipkan KTM atau identitas diri dan mengisi formulir permohonan fotokopi
 
  • Fasilitas Perpustakaan
  1. OPAC (Online Public Access Catalog)
Merupakan sarana untuk mencari informasi mengenai koleksi yang ada di perpustakaan dengan menggunakan terminal komputer yang tersedia di dalam perpustakaan
  1. Akses Internet dan Wi-Fi
Tersedia 14 PC di perpustakaan yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, serta Wi-Fi di area perpustakaan FK Usakti
  1. Ruang Baca, Ruang Diskusi, Ruang Multimedia
Ruang baca terletak di tengah ruang perpustakaan, tersedia 18 meja study carel yang dilengkapi dengan colokan listrik (daya) bagi pengguna yang membawa laptop, dan gadget lainnya.
  1. Locker
Tersedia 40 locker di perpustakaan untuk penitipan tas dan barang-barang pengguna perpustakaan
 
  • Tata Tertib
  1. Setiap pengunjung perpustakaan baik mahasiswa, staf pengajar, karyawan dan pengunjung dari luar instansi Universitas Trisakti wajib mengisi daftar pengunjung perpustakaan
  2. Setiap pengunjung perpustakaan wajib menjaga ketertiban, ketenangan dan kebersihan ruangan perpustakaan
  3. Setiap pengunjung tidak diperkenankan makan, minum dan merokok di ruang koleksi dan baca perpustakaan
  4. Setiap pengunjung perpustakaan tidak diperkenankan membawa tas, map dan jaket ke dalam ruangan perpustakaan. Tas, map dan jaket (kecuali uang dan barang berharga lainnya) harus disimpan dalam locker penitipan yang telah disediakan
  5. Permohonan perpanjangan masa peminjaman buku dapat dilakukan melalui telepon di nomor 5672731, 5655786 ext 2502, mengirimkan SMS pada petugas sirkulasi, melalui e-mail: library.fk@trisakti.ac.id atau Twitter @lib_fkusakti
  6. Mahasiswa yang mengembalikan buku perpustakaan melewati batas waktu yang telah ditentukan akan dikenakan denda administratif sebesar Rp. 500 (lima ratus rupiah) per buku untuk setiap hari keterlambatan. Sedangkan untuk buku referensi atau buku untuk diskusi dikenakan denda administratif sebesar Rp. 1.000 (seribu rupiah) per buku untuk setiap jam keterlambatan
  7. Mahasiswa yang lalai mengembalikan buku yang dipinjam dalam jangka waktu 1 bulan terhitung dari tanggal pengembalian akan diberikan denda administratif dan peringatan tertulis
  8. Jika buku yang dipinjam hilang atau dikembalikan dalam keadaan rusak/robek/kotor maka mahasiswa yang bersangkutan wajib mengganti dengan buku yang sama atau membayar uang penggantian sebesar 3 kali harga buku tersebut